Minggu, 19 Mei 2013

Banyak Jalan Menuju Roma

“Ooh, ternyata dia tuh sektornya Bu Balukh, sektor 14. Mamanya Chinese nikah sama orang Ambon, tapi suaminya udah meninggal. Famnya (marga)Tamaella. Mamanya temenan sama Bu Balukh.”

Tadi pagi (Kamis 09/05/13) gue pergi ke gereja pagi bareng nyokap bokap gue, dalam rangka memperingati hari Kenaikan Tuhan Yesus. Hari ini kita gak duduk di tempat biasa kita duduk kalo lagi ibadah hari Minggu. Awalnya gue rada potek banget tuh gara-gara nyokap milih tempat duduk di dalem, bukan di tempat biasanya. Padahal kan maksudnya gue mau sekalian modus gituh hehe tapi yah udahlahyah toh gue ke gereja juga sebenernya buat ketemu Tuhan Yesusnya. Akhirnya gue, nyokap, bokap duduk di gereja bagian dalem. Beberapa menit sebelum lonceng gereja bunyi, nyokap berdiri dan ngeliatin dengan seksama ke salah satu arah, trus duduk lagi.
“oooh ada mamanya doang tuh” kata nyokap.
“hah ? di mana ma ?” kata gue sambil celingak-celiguk nyariin orang yang di maksud nyokap.
“itu tuh di sebelahnya Bu Balukh”
“Ibu Balukh itu yang mana ? Noni aja gak tau Ibu Balukh yang mana. Emang mamanya siapa ma ?” Kata gue rada kesel gara-gara nyokap terus ngejelasin padahal gue gak tau yang mana. Dan dengan polosnya gue nanya siapa orang yang di maksud nyokap gue daritadi.
“mamanya sih cowo yang bawa Jazz. Itu loh Bu Balukh yang pake bando. Nih dari tiang gereja di bawahnya tuh ada ibu-ibu pake bando liat gak ? nah itu di sebelahnya” Kata nyokap akhirnya ngejelasin dengan lebih jelas.
“oooh. yah dari Noni gak keliatan, ketutupan orang ma” Kata gue pasrah.
“Ibu Balukh itu orang Chinese tapi dia nikah sama orang Kupang. Oooh, jangan-jangan dia sektornya Bu Balukh, sektor 14” Kata nyokap.
“Oooh, emang sektor 14 itu di mana ma ?” Tanya gue.
“sektor 14 tuh di Ciomas. yah, gak keliaan yah ? yaudah nanti kalo berdiri coba liat deh” kata nyokap.  Akhirnya lonceng gereja bunyi dan Bapak Pendeta beserta majelis yang bertugas hari ini bersiap untuk masuk.  Gue sedikit kaget sama sedikit potek sebenernya waktu nyokap gue kasih tau hal itu. Pertama, gue kaget, karena nyokap gue bisa memperhatikan sebegitunya, padahal gue aja sebenernya tau ada temen gue yang lagi duduk di sebelah Bu Balukh itu, tapi gue gak meratiin orang di sebelah temen gue itu siapa. Yang kedua, gue rada potek karna ternyata dia gak dateng.tapi yah gak potek-potek amat sih, soalnya nyokap tuh kayak tau dia bakal gak dateng dan akhirnya milih buat duduk di dalem gereja, jadi gue gak usah nungguin dia dan kecewa sampe akhir ibadah. Rada hebat juga yah nyokap gue ?   Umat di persilahkan berdiri, dan di kesempatan itu mata gue langsung tertuju ke posisi yang tadi nyokap gue jelasin. Dan ternyata nyokap gue bener, itu nyokapnya cowo yang gue taksir. Setelah umat di persilahkan duduk lagi, nyokap gue langsung nanya.
“bener kan ada ?” Tanya nyokap.
“iya bener ada” kata gue singkat.
Dan ibadah pun berjalan dengan baik sampai akhir. Selesai gereja nyokap emang udah punya jadwal buat ngelayat salah satu temennya yang baru aja adik Beliau di panggil Tuhan. Ngelayatnya jam Sembilan pagi di Sinar Kasih, tapi karna ibadah pagi selesai jam setengah delapan, jadi nyokap sama salah satu temennya lagi yang mau ngelayat juga berencana makan pagi dulu nih di Pasar Bogor. Karena kebetulan gue juga punya urusan di Pasar Bogor, akhirnya gue ngikut nyokap tuh. Keluar dari gereja kita gak langsung berangkat, tapi nungguin bokap bentar karna gue mau ganti sepatu, sedangkan kunci mobil itu di pegang bokap, dan gue gak ke Pasar Bogor bareng bokap. Gue, nyokap gue, sama temen nyokap itu nunggu di depan gereja. Dan waktu kita lagi nunggu, gue liat nyokapnya si ‘dia’ sama Bu Balukh baru keluar dari gereja, dan tiba-tiba Bu Balukh nyamperin nyokap gue dan akhirnya mereka cipika cipiki dan ngobrol. Gue di belakangin sama Bu Balukh, padahal gue mau salaman sama si tante. Karena Bu Balukh sama nyokap gue udah ngobrol serius, yauda deh gue mundur aja. Bu Balukh jalan duluan dan di belakangnya itu ada nyokapnya si ‘dia’. Gue pengen nyalamin, tapi karna jalan gue ditutup sama nyokap gue yang lagi asik ngobrol, di tambah nyokap ‘dia’ malah ngejauh dari kerumunan nyokap gue, akhirnya gue gak jadi nyalamin. Padahal gue berharap nyokap ‘dia’ salaman sama nyokap gue juga, jadi gue bisa modus ke Beliau juga. Gak lama kemudian bokap gue muncul dan gue langsung minta kunci mobil buat ganti sepatu. Setelah gue ambil sepatu akhirnya gue, nyokap, sama temen nyokap langsung berangkat ke Pasar Bogor.
Sampe di Pasar Bogor kita langsung ketempat mie ayam langganan nyokap. Nyokap mesenin tiga mangkok mie ayam polos. Sembari nunggu, tiba-tiba nyokap ngomong …
“Ooh, ternyata dia tuh sektornya Bu Balukh, sektor 14. Mamanya Chinese nikah sama orang Ambon, tapi suaminya udah meninggal. Famnya (marga)Tamaella. Mamanya temenan sama Bu Balukh.” Itu kalimat-kalimat yang gue denger dari nyokap gue pas gue baru aja duduk manis nungguin mie ayam pesenan gue. Gue bener-bener kaget waktu denger nyokap ngomong gini, tapi seneng juga karna dapet sedikit informasi.
Selesai makan akhirnya gue berpisah sama nyokap gue buat ngurusin urusanya masing-masing. Selama gue ngurusin urusan gue, suka masih kepikiran sama kata-kata nyokap yang tadi nyokap kasih tau ke gue pas lagi nunggu pesenan mie ayam. Selesai urusan, gue langsung pulang ke rumah. Sampe di rumah setelah gue bersih-bersih, gue duduk nonton bareng nyokap di kamar. Nyokap lagi-lagi ngebahas soal informasi yang dia dapet tadi.
“tadi tuh mama Tanya ke Bu Balukh. Mama kan manggil dia cece (kakak perempuan), dia manggil mama mei (adik). Mama Tanya tuh ke Bu Balukh, ce ibu-ibu itu siapa ? ” curhat nyokap ke gue.
“itu sektor saya juga tuh di 14. Dia Chinese juga tuh, nikah sama Ambon tapi suaminya udah meninggal. Emang kenapa mei ?” bales Bu Balukh.
“ooooh gak apa-apa” jawab nyokap
“kata mama dalem hati, oooh berarti kita sama dong” kata nyokap ke gue.
“iya kok bisa sama yah ma ?” bales gue. Sebenernya hal ini emang lucu loh. Gue bener-bener gak nyangka kalo gue sama ‘dia’ itu bisa samaan. Selain karena ‘dia’ nyokapnya Chinese bokapnya Ambon, ‘dia’ itu gak mirip sama nyokapnya yang kulit putih. Sama kayak gue yang lebih mirip ke bokap. Bahkan gue kira ‘dia’ itu orang Jawa. Gak lama setelah itu, nyokap kayak bisa baca pikiran gue.
“katanya gak mau sama orang Ambon ?” Tanya nyokap tiba-tiba
Gue emangperna bilang ke nokp gue kalo gue gak mau sama orang Ambon lagi karna menurut gue Ambon ketemu sama Ambon lagi tuh gak kreatif hehe
 “yah mana gue tau ma kalo dia orang Ambon. Atuh gue juga udah keburu kepincut sama dia. Gue kira kan ‘dia’ Jawa” bales gue.
Nah dengan  adanya Bu Balukh dan sebenernya ada salah satu temen nyokap gue yang marganya itu Tamaella juga. Dengan begitu, pepatah yang bilang “Banyak Jalan Menuju Roma” itu terbukti di gue. Buktinya, ternyata orang yang gue taksir selama ini, yang gue kira mereka itu gak aktif di gereja, gak terlalu di kenal banyak orang, ternyata nyokapnya temenan sama temennya nyokap gue juga. Jadi sebenernya banyak jalan untuk dapetin informasi tentang ‘dia’ haha

1 komentar: